Bagaimana membuat movie review yang baik?

Menulis review merupakan cara terbaik untuk mengekspesikan opinimu tentang movie, game ataupun lagu tersebut. Tujuan yang paling penting dari movie review adalah untuk membantu pembaca dalam menentukan apakah mereka ingin menonton, download ataupun membeli movie tersebut. Review yang bagus harus memberikan informasi yang detail agar pembaca dapat memutuskan untuk menontonnya atau tidak.




Berikut tips dan trik menulis review yang baik :

Nonton film
Langkah pertama dalam menulis review adalah menonton filmnya terlebih dahulu. Disarankan menonton film di tempat yang santai ataupun nyaman. Menonton film untuk kedua kalinya dapat membantu anda lebih menangkap informasi / kejadian yang sebelumnya telah anda lewatkan. Kebanyakan movie reviewers menyediakan catatan saat mereka menononton film tersebut.


Memberikan Opinimu
Kebanyakan movie reviewers akan memberikan pendapat mereka tentang film yang mereka nonton. Hal ini penting untuk mengekspresikan apakah mereka menikmati film tersebut ataupun sebaliknya. Namun, reviewers juga harus memberikan informasi yang tidak memihak (misalnya anda tidak suka aktor A, maka anda memberikan kesan jelek padanya) dan mengijinkan pembaca untuk menentukan sendiri mana yang disukai / tidak. Opinimu harus jelas agar pembaca dapat menentukan apakah mereka setuju dengan pendapatmu.

Siapakah Readermu?
Anda harus melihat terlebih dahulu "Siapakah yang akan membaca reviewmu?" Apakah anak-anak / orang dewasa? Menulis movie review untuk anak-anak membutuhkan teknik yang berbeda dibandingkan menulis review film lain.

Memberikan Outline
Berikan garis besar keseluruhan dari movie tersebut, tapi ingat- jangan berikan rincian yang penting seperti akhir dari cerita / kejutan yang terjadi dalam cerita. Itu akan membuat pembaca jadi malas untuk menonton karena sudah tau jalan cerita tersebut.

Artis / Aktor
Berikan detail jadi siapakah artis tersebut dan bagaimana dia berperan dalam film teresebut.

Struktur
Apakah alur dari film sudah bisa ditebak atau membuat anda menjadi penasaran?

Musik
Apakah film tersebut memilih lagu yang tepat sesuai film?

Review kembali laporanmu
Baca dan tinjau kembali laporanmu, apakah terjadi typo dan semacamnya?


Tahap penulisan
  1. Judul
  2. Keterangan film
  3. Pembukaan dan kesimpulan dari film
  4. Berikan tanggapan positive dari film tersebut
  5. Berikan tanggapan negative dari film tersebut
  6. Aktor / Artis
  7. Komentar terakhir dan yakinkan pembaca untuk menonton film tersebut
  8. Rating
READ

Post a Comment

0 Comments