June 11, 2017

Bagaimana berbicara agar didengar oleh orang lain


Ini merupakan kebiasaan yang harus ditinggalkan karena dapat menjebak diri kita sendiri.
  1. Gossip : Menjelek-jelekan orang dibelakang merupakan kebiasaan yang baik. Seperti yang kita tahu, jika kita bergosip, akan banyak orang yang bergosip tentang kita juga.
  2. Menghakimi (Judging) : Ada tipe orang ini dalam setiap obrolan dan sulit untuk mendengarkan orang lain.
  3. Negatif (Negativity) : Kebiasaan yang mungkin dapat menjebak diri anda sendiri. Sulit untuk mendengar seseorang yang begitu negatif.
  4. Mengeluh (Complaining) : Selalu mengeluhkan tentang cuaca, olahraga, dll.
  5. Alasan (Excuses) : Orang tersebut suka melemparkan kesalahannya kepada siapa saja dan tidak dapat bertanggung jawab atas tindakan mereka.
  6. Melebih-lebihkan atau Menambah-nambahkan (Lying) : Seseorang yang suka melebih-lebihkan dapat menjadi kebohongan, dan kita tidak suka mendengarkan orang seperti ini.
  7. Dogmatism : Mencampurkan fakta dengan pendapat.

4 Landasan penting dimana kita harus berpegang teguh pada perkataan kita terdapat dalam kata HAIL (To greet or acclaim enthusiastically) :
  1. Honesty (Kejujuran) : Jujur dengan apa yang anda katakan, sekaligus lugas dan jelas.
  2. Authenticity (Ketulusan) : Menjadi diri sendiri atau berpegang pada kebenaran yang anda percaya.
  3. Integrity : Melakukan sesuai dengan apa yang anda katakan, dan menjadi seseorang yang bisa dipercaya.
  4. Love (Cinta) : Berdoa untuk kebaikan orang, dengan dua alasan.

Cara berbicara agar didengarkan orang lain :
  1. Register : ketahui dimana letak suara anda jika berbicara. Misalnya anda ingin berbicara dengan nada berat, anda harus turun menuju arah dada.
  2. Timbre (Warna suara) : Anda dapat melatih warna suara anda dengan nafas, postur, dan latihan.
  3. Prosody (Ritme bersajak) : Hal penting untuk mengartikan pembicaraan karena orang yang berbicara dengan nada yang sama akan sangat sulit untuk didengarkan karena akan menimbulkan kebosanan atau monoton.
  4. Pace (Kecepatan) : Apakah anda harus berbicara cepat atau bisa diperlambat dan memberi tekanan.
  5. Pitch (nada) : Terkadang jika kita berbicara dengan berbeda nada akan menimbulkan arti yang berbeda kepada orang lain.
  6. Volume : Dapat menggunakan volume tinggi untuk memberi semangat, atau suara yang pelan untuk menarik perhatian anda.

Cr : TED (Julian Treasure)

0 Comment:

Post a Comment

Comment are ♥♥♥